Mengapa dalam menjalankan bisnis jasa sewa mobil penyedia jasa rental harus selektif memilih penyewa. Bukankah lebih untung jika kendaraan yang di sewakan selalu full order apalagi di saat musin libur lebaran yang selalu ramai peminatnya. Di lema di atas terkadang menyulitkan untuk di jawab. Tapi resiko penipuan, penggadaian mobil rental dan hal lain yang merugikan juga mesti di pertimbangkan saat melepas kendaraan ke tangan penyewa mobil.

Tanpa di sadari, banyaknya pelaku usaha jasa sewa mobil online yang menyediakan layanan lepas kunci ternyata mendatangkan berbagai resiko negatif. Resiko tersebut adalah adanya beberapa pihak yang memanfaatkan ketersediaan layanan rental mobil untuk kepentingan pribadi yang merugikan pihak lain. Untuk mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak dengan waktu singkat, banyak pihak yang melakukan pencurian / penggadaian mobil.

Resiko Bisnis Jasa Sewa Mobil

Bisnis Jasa Sewa Mobil

Seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa resiko paling buruk dan ditakuti oleh semua pelaku bisnis sewa mobil adalah kehilangan mobil. Tidak menutup kemungkinan para pelaku kejahatan pencurian mobil ini memiliki target utama adalah pemlik rental mobil.

Sebagai penyedia jasa sewa mobil online memang seharusnya lebih selektif dalam memilih penyewa kendaraan. Sudah banyaknya kasus yang merugikan pihak penyedia jasa rental mobil dan resiko yang merugikan itu terjadi. Tetapi hal tersebut terjadi lebih di karenakan mereka asal asalan dalam memilih penyewa kendaraan.

Bagaimana Cara Menentukan Calon Penyewa Kendaraan

Untuk menghindari resiko yang merugikan seperti di atas, para pemilik usaha jasa sewa mobil harus lebih barhati-hati dalam memilih penyewa. Dengan melakukan berbagai tindakan seperti survey ke alamat calon penyewa dan meminta semua syarat administrasi dilengkapi. Pastikan penyewa kendaraan memang memenuhi semua persyarat sebagai calon penyewa. Jangan lupa foto calon penyewa dengan mobil yang disewa untuk di jadikan dokumen administrasi.

Layanan sewa mobil lengkap sopir bisa menjadi alternatif terbaik untuk menghindari resiko dalam menjalankan bisnis jasa sewa mobil

Cara lain adalah dengan saling menjaga komunikasi antar pemilik jasa sewa mobil. Untuk penyewa yang pernah berbuat masalah, masukan ke dalam daftar blacklist dan kemudian saling memberitahukan daftar blacklist mereka kepada sesama pelaku usaha jasa sewa mobil lainnya. Karena penyewa yang masuk ke dalam blacklist di tempat rental mobil yang satu, belum tentu pengusaha lainnya tahu.

Sedikit corat coret diatas bisa anda ikuti untuk sekedar meminimalisir resiko kehilangan kendaraan. Demikian sedikit tips menjalankan bisnis jasa sewa mobil yang mungkin berguna untuk sesama penyedia jasa rental mobil di Madiun dan semoga bermanfaat.