Pecel Madiun Kuliner Khas Madiun. Bagi anda yang sedang dalam perjalanan bisnis atau pun wisata menyusuri jalur Yogyakarta ke Surabaya via Solo Tawangmangu, pasti tidak asing dengan kota Madiun. Kota Madiun yang terkenal dengan industri kereta api dan pangkalan udara TNI AU Iswahyudi ini ternyata menyimpan potensi kuliner khas yaitu nasi pecel Madiun yang cukup memanjakan lidah anda. Sebelum beraktivitas di pagi hari ataupun sekedar melintas di Madiun, sempatkan sejenak mencicipi nasi pecel makanan khas asli dari Madiun yang paling terkenal.

Pecel Madiun Kuliner Khas Madiun

Pecel Madiun Kuliner Khas Madiun

Lahir dan besar di Madiun, saya gemar bingit nasi pecel. Nasi pecel adalah salah satu kuliner Madiun asli yang mempunyai rasa nikmat dan pastinya akan menggoda selera makan anda. Pada derajat tertentu, bisa dikatakan “Saya kecanduan oges lecep he he he…”. Bagi yang pernah lama tinggal di Madiun, biasanya juga begitu, jadi menyukai kuliner tradisional kas Madiun ini.

Yang menjadi ciri khas dari kuliner khas Madiun ini adalah pada cara penyajiannya yang menggunakan pincuk (daun pisang). Ini yang membuat rasa nasi yang bercampur sambel pecel ini sangat khas sekali. Selain menggunakan bumbu sambal kacang, nasi pecel juga di sajikan dengan toge, mentimun, kemangi dan juga daun ketela. Cukup sederhana sekali, untuk lauk biasanya disajikan dengan rempeyek, tempe goreng atau tahu setengah matang. Ini yang membuat citra rasanya semakin nikmat.

Nasi Pecel Makanan Yang Relatif Sehat

Pertama, dia tidak banyak mengandung protein hewani. Paket nasi pecel yang paling umum, biasanya hanya dilengkapi dengan lauk tempe goreng, peyek, atau krupuk. Alternatif kombinasi – dengan harga yang lebih mahal – lauk yang bisa menjadi alternatif pilihan biasanya telur dadar, telur asin, empal daging sapi, atau ayam goreng. Di luar itu, agak jarang, misalnya sate telur puyuh atau sate kerang.

Kedua, nasi pecel banyak mengandung sayuran yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Di Madiun disebut “kulupan”. Cara masak sayuran seperti ini, menurut saya baik untuk kesehatan. Selain bisa menghilangkan getah yang tak enak di lidah dan benih penyakit yang mengkontaminasi sayur mentah, cara masak ini tidak banyak merusak nutrisi yang terkandung dalam sayuran tersebut.

Kulupan yang biasa digunakan dalam paket nasi pecel, antara lain daun ketela, kenikir, kangkung, bunga turi, bayam, kacang panjang, bunga pisang, kecipir, daun papaya, jipang, krai, dan kecambah (ganteng kacang/dele). Pastilah, kulupan itu banyak mengandung serat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga kesehatan dan vitalitas. Karena, beberapa sayuran rebus banyak mengandung niasin dan zink (mineral penjaga vitalitas).

Ketiga, nasi pecel juga membubuhkan banyak sambal kacang (saus kacang plus). Sambel kacang ini biasanya, berbahan dasar kacang tanah dan cabe merah disangrai, gula merah, dan garam, plus daun jeruk purut sebagai aroma penyedap. Bahan-bahan itu semua menyehatkan, kecuali garam dan gula, yang jika banyak dikonsumsi bisa meningkatkan tekanan darah. Sedangkan, kacang tanah dan cabe merah sangat bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga mengurangi resiko serangan jatung dan stroke.

Selain kandungan nutrisi yang relatif sehat, kultur yang menyertai tradisi “bernasi-pecel” ini juga “sehat”. Di pedesaan di Madiun, orang biasa makan nasi pecel di warung. Tidak hanya di pagi hari saat sarapan sebelum berangkat ke sawah atau ke tempat kerja, di siang hari, sore, dan bahkan malam hari pun ada warung yang meyediakan menu nasi pecel.

Menemukan tempat jualan nasi pecel di Madiun ini sangat gampang. Bila anda berkunjung ke Madiun, anda bisa mencari warung-warung di sekitaran. Namun yang pasti nasi pecel khas Madiun ini akan lebih nikmat bila di santap di malam hari. Di sepanjang jalanan kota Madiun anda akan banyak menemukan warung lesehan yang menjual masakan khas Madiun ini. Dan biasanya untuk minuman yang disajikan yaitu teh hangat, kopi panas, wedang ronde, susu hangat dll. Itulah keunikan yang bisa anda dapat saat anda berkunjung di kota Madiun, untuk itu sempatkan untuk berwisata kuliner bila anda berkunjung di Madiun Jawa Timur.

Selain nasi pecel Madiun kuliner khas Madiun ada juga makanan kecil yang bisa anda beli untuk oleh-oleh dari Madiun.