Pecel Madiun Kuliner Khas Madiun. Bagi anda yang sedang dalam perjalanan bisnis atau pun wisata menyusuri jalur Yogyakarta ke Surabaya via Solo Tawangmangu, pasti tidak asing dengan kota Madiun yang terkenal sebagai kota pecel. Kota Madiun yang terkenal dengan industri kereta api dan pangkalan udara TNI AU Iswahyudi ini ternyata menyimpan potensi kuliner khas yaitu nasi pecel Madiun yang cukup memanjakan lidah anda.

Pecel Madiun Kuliner Khas Madiun

Pecel Madiun Kuliner Khas Madiun

Sebelum beraktivitas di pagi hari ataupun sekedar melintas di Madiun, sempatkan sejenak mencicipi pecel Madiun makanan khas asli dari Madiun yang paling terkenal. Nasi pecel adalah salah satu kuliner asli dari kabupaten Madiun yang mempunyai rasa nikmat dan pastinya akan menggoda selera makan anda.

Yang menjadi ciri khas dari kuliner khas Madiun ini adalah pada cara penyajiannya yang menggunakan pincuk (daun pisang). Ini yang membuat rasa nasi yang bercampur sambel pecel ini sangat khas sekali. Selain menggunakan bumbu sambal kacang, nasi pecel juga di sajikan dengan toge, mentimun, kemangi dan juga daun ketela. Cukup sederhana sekali, untuk lauk biasanya disajikan dengan rempeyek, tempe goreng atau tahu setengah matang. Ini yang membuat citra rasanya semakin nikmat.

Menemukan tempat jualan nasi pecel di Madiun ini sangat gampang. Bila anda berkunjung ke daerah Madiun, anda bisa mencari warung-warung di sekitaran. Namun yang pasti nasi pecel khas Madiun ini akan lebih nikmat bila di santap di malam hari dan di sepanjang jalanan di kota Madiun anda akan banyak menemui warung lesehan yang menjual masakan khas Madiun ini. Dan biasanya untuk minuman yang disajikan yaitu teh hangat, kopi panas, wedang ronde, susu hangat dll.

Itulah keunikan yang bisa anda dapat saat anda berkunjung di kota Madiun, untuk itu sempatkan untuk berwisata kuliner bila anda berkunjung di Madiun Jawa Timur. Selain nasi pecel menjadi makanan khas dari Madiun ada juga makanan kecil yang bisa anda beli untuk oleh-oleh dari Madiun, yaitu:

  • Madumongso

Camilan / Makanan Ringan Tradisional Madumongso telah menerima pengakuan nasional sebagai camilan asli dari Madiun sejak tahun 2011. Madumongso adalah makanan ringan yang terbuat dari ketan hitam, manis dan dibungkus kertas warna-warni.

  • Lempeng Puli & Dodol

Lempeng Puli / kerupuk Puli yang memiliki rasa gurih yang khas dan renyah. Sedangkan Dodol adalah camilan manis yang terasa lezat di lidah anda yang dibuat tanpa bahan pengawet dan beraneka rasa.

Itulah kuliner khas Madiun dan beberapa makanan kecil khas dari Madiun yang bisa anda coba saat berkunjung di Madiun.